ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 (EKOSISTEM) KELAS V SDN MOJOLANGU 5 MALANG
Main Author: | AFRILIANI, KIKI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34592/1/jiptummpp-gdl-kikiafrili-46269-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34592/2/jiptummpp-gdl-kikiafrili-46269-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34592/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Pembelajaran Tematik, Sumber Belajar, Lingkungan Mengenalkan lingkungan sekitar sebagai suatu potensi untuk belajar merupakan salah satu wujud menanamkan kepada siswa sikap cinta lingkungan, dan melestarikan alam, meskipun saat ini dihadapkan suatu kehidupan yang serba modern.Oleh karena itu pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan perlu diterapkan didalam pembelajaran, sebab didalam pembelajaran tematik siswa dihadapkan pada pembelajaran yang kontekstual dan membawa siswa untuk lebih mengenal lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: “Mendeskripsikan (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) yang dilakukan oleh guru dalam pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan pada pembelajaran tematik tema 8 (Ekosistem) kelas V SDN Mojolangu 5 Malang”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran tematik tema 8 (Ekosistem) di kelas V. Sumber data yaitu guru kelas V dan siswa-siswi kelas V SDN Mojolangu 5 Malang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan guru kelas V dalam memanfaatkan sumber belajar berbasis lingkungan telah sesuai dengan Kompetensi Dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi ajar, pemilihan sumber belajar dan media, metode pembelajaran, skenario pembelajaran, dan evaluasi dengan penilaian autentik yang tercantum pada RPP Tema 8 Subtema 3hanya saja belum tercantum materi pembelajaran secara lengkap pada RPP yang digunakan pada saat pembelajaran. (2) pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis lingkungan pada Tema 8 Subtema 3 dari 6 pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru hanya pembelajaran 2, 3 dan 4 yang terlihat menggunakan sumber belajar berbasis lingkungan yaitu pemanfaatan kebun dan taman sekolah, lapangan sekolah, dan lembaga keluarga, pendidikan serta budaya siswa. (3) evaluasi yang dilakukan guru dalam pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan dengan menggunakan penilaian autentik. Didalamnya terdapat penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan termuat dalam rubrik penilaian yang tercantum pada RPP Tema 8 Subtema 3.