PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM MATERI BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN CODO 2 WAJAK
Main Author: | FAHRUDDIN, MUHAMMAD RIZQI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34591/1/jiptummpp-gdl-muhammadri-46270-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34591/2/jiptummpp-gdl-muhammadri-46270-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34591/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD, Bilangan Bulat. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada April 2016 di kelas 4 SDN Codo 2 Wajak seringkali terlihat guru selalu mendominasi kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang hanya berpusat pada guru (Teacher Centered) banyak terjadi hanya siswa tertentu yang aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran dan mengalami peningkatan prestasi, sedangkan yang lain cenderung bersifat pasif. Oleh karena itu, agar tujuan pembelajaran tercapai tidak cukup hanya penggunaan pembelajaran berpusat pada guru, tetapi juga harus menggunakan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa aktif dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Codo 2 Wajak dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus penelitian dimana setiap siklus dibagi menjadi dua pertemuan dan tiap pertemuan difokuskan pada materi tentang bilangan bulat. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas 4 SDN Codo 2 Wajak tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI 4 SDN Codo 2 Wajak. Hal ini ditunjukkan hasil belajar dari data nilai ulangan sebelumnya dari guru mata pelajaran sebanyak 14 siswa atau 40% dari seluruh jumlah siswa nilainya masih dibawah KKM yaitu 70. Pada tes akhir siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 25 siswa atau 71,43% dari jumlah siswa. Pada tes akhir siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 28 siswa atau 80% dari jumlah siswa. Dengan demikian maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan mengalami peningkatan belajar.