ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS IV SDN MOJOREJO 01 BATU

Main Author: Umriyatillah, Titi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34584/1/jiptummpp-gdl-titiumriya-46277-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34584/2/jiptummpp-gdl-titiumriya-46277-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34584/
Daftar Isi:
  • Keyword : Pembelajaran Tematik Integratif, Pendekatan Saintifik Pembelajaran tematik integratif dengan menggunakan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang memberikan pemehaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami, berbagai materi yang menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, dan tidak tergantung pada informasi searah dari guru. Pada penelitian kali ini, peneliti akan menjawab pertanyaan yang tertera pada rumusan masalah. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN Mojorejo 01 Batu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifik di kelas IV SDN sudah cukup baik. (1) Perencanaan pembelajaran, dilakukan dengan mempersiapkan RPP dan silabus, (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru sudah sesuai dengan pendekatan saintifik yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba serta membentuk jejaring atau mengkomunikasikan, (3) Kendala serta solusi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifik ini antara lain, waktu yang kurang dan pada bagian penilaian kurangnya pemahaman guru. Solusi guru untuk mengatasi kendala-kendala antara lain dengan mendiskusikan kendala–kendala tersebut dalam kegiatan KKG, memberikan tugas rumah kepada peserta didik berupa tugas mengamati, melakukan penilaian berdasarkan catatan harian, menyediakan media pengamatan berupa gambar, memancing peserta didik untuk bertanya dan menalar dengan memberikan permasalahan dan solusi, dan membagi waktu untuk mengkomunikasikan hasil tugas peserta didik.