ANALISIS KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI TUREN 01 KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG

Main Author: YANTI, ULVA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34583/1/jiptummpp-gdl-ulvayanti-46278-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34583/2/jiptummpp-gdl-ulvayanti-46278-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34583/
Daftar Isi:
  • Keyword : Pendidikan Karakter, Kerjasama Guru dan Orang Tua Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam membentuk karakter kedisiplinan anak di SDN Turen 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Selain itu juga untuk mengetahui hambatan atau kendala dalam kerjasama guru dan orang tua serta cara mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Subyek penelitian yaitu wakil kepala sekolah, wali kelas V dan orang tua wali murid. Analisi data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa di SDN Turen 01 sudah menjalankan program kerjasama guru dan orang tua dalam pembentukan karakter kedisiplinan anak. Kerjasama tersebut terbukti dengan adanya program paguyupan kelas dan guru dengan orang tua sering mengadakan pertemuan. Dengan adanya kerjasama guru dan orang tua dapat mengkomunikasikan perkembangan anak selama disekolah maupun di rumah guru dan orang tua saling bertukar pikiran dalam mengembangkan pendidikan karakter kedisiplinan anak. Dalam kerjasama tersebut terdapat kendala yang terjadi, kendala tersebut adanya orang tua yang tidak merespon atau tidak mempedulikan mengenai kerjasama guru dan orang tua sehingga banyak orang tua yang tidak mengetahui perkembangan anak bahkan banyak orang tua yang tidak mau hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh sekolah. Dalam hal tersebut guru mencoba mendatangi orang tua secara langsung untuk mengetahui penyebab orang tua yang tidak hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan sekolah dan gurupun memberikan sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan anak sehingga orang tua akan memahami orang tua juga perlu terlibat dalam pembentukan karakter kedisiplinan anak.