HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG

Main Author: ARMAN, IZZATU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34519/1/jiptummpp-gdl-izzatuarma-45760-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34519/2/jiptummpp-gdl-izzatuarma-45760-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34519/
Daftar Isi:
  • Keyword : ukungan Keluarga, Motivasi Belajar, Mahasiswa Aini Alifatin, Erma Wahyu Mashfufa ABSTRAK Latar Belakang : Hasil rekap mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang berdasarkan bagian Tata Usaha menjelaskan behwa terdapat 876 mahasiswa pada tahun 2014 dimana mahasiswa tersebut membutuhkan faktor pendorong yang dapat mempengaruhi hasil nilai belajar mereka yakni dukungan keluarga. Tujuan utama faktor dukungan keluarga adalah untuk meningkatkan motivasi belajarnya. Selama ini, pelaksanaan dukungan keluarga kurang terpenuhi bagi motivasi belajar mahasiwa tersebut. Adanya dukungan keluarga mampu memberikan kekuatan mahasiswa selama proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan meningkatkan aktivitasnya fisik dan psikisnya. Metode : Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi cross sectional, dengan menggunakan sampel sebanyak 30 orang dari populasi mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammdiyah Malang yang berjumlah 876 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang bertujuan mengetahui faktor dukungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa. Analisis penelitian ini menggunakan uji Koefisien Korelasi Rank Spearman (rs). Hasil : Hasil penelitian didapatkan hasil nilai Koefisien Korelasi Rank Spearman (rs) hitung adalah 0,705 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000. Nilai Koefisien Korelasi Rank Spearman (rs) hitung (0,705) lebih besar dari nilai Koefisien Korelasi Rank Spearman (rs) tabel (0,362) dan nilai signifikasi (0,000) lebih kecil dari alpha 5% (0,05). Kesimpulan : Dapat di simpulkan bahwa adanya hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang. Oleh karena itu disarankan kepada keluarga untuk dapat meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa.