PENINGKATAN HASIL BELAJAR “INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN ALAM” MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV MI JAUHAROTUT THOLIBIN BLITAR

Main Author: IRAWAN, AHMAD FARIT
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34444/1/jiptummpp-gdl-ahmadfarit-45622-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34444/2/jiptummpp-gdl-ahmadfarit-45622-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34444/
Daftar Isi:
  • Keyword : Make A Match, Hasil Belajar, Interaksi manusia dengan lingkungan alam KKM mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV MI Jauharotut Tholibin adalah >66. Kenyataannya bahwa hasil belajar siswa terhadap kompetensi interaksi manusia dengan lingkungan alam masih cukup rendah yaitu, ketuntasan klasikal hanya 32,5%. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurang tepatnya metode yang diterapkan oleh guru. Oleh sebab itu penelitan ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan metode Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar interaksi manusia dengan lingkungan alam pada siswa kelas IV MI Jauharotut Tholibin Blitar. (2) hasil belajar interaksi manusia dengan lingkungan alam menggunakan metode Make a Match pada siswa kelas IV MI Jauharotut Tholibin Blitar. Untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan, usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan memperhatikan siswa, menguasai materi pembelajaran dan memilih metode yang tepat. Salah satunya metode Make A Match (mencari pasangan) dimana metode ini melibatkan aktivitas seluruh siswa dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa kelas IV MI Jauharotut Tholibin Blitar berjumlah 32 yang terdiri 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu guru sudah menerapkan metode Make a Match dengan tepat, aktivitas belajar siswa juga menunjukan siswa sudah berperan aktif dalam pembelajaran dan hasil akhir belajar siswa menunjukan ketuntasan belajar klasikal 90,6% dengan nilai rata-rata sebesar 80,12. Hasil penelitian ini, metode pembelajaran Make a Match disarankan untuk perlu diterapkan dan dikembangkan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mempengaruhi peningkatan kualitas pembelajaran interaksi manusia dengan lingkungan alam.