HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN MOTIVASI MENGIKUTI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Main Author: Mahardika, Dhio Galuh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34406/1/jiptummpp-gdl-dhiogaluhm-44063-1-hubungan-m.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34406/
Daftar Isi:
  • Keyword : Self regulated learning, motivasi mengikuti PKM, mahasiswa. ABSTRAKSI Motivasi untuk mengikuti program kreativitas mahasiswa (PKM) sangat dibutuhkan oleh mahasiswa guna mengembangkan ilmu pengetahuan dan sebagai pengabdian masyarakat. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu self regulated learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan motivasi mengikuti PKM pada mahasiswa. Desain yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, dengan menggunakan skala self regulated learning dan skala motivasi mengikuti PKM. Subjek penelitian berjumlah 350 mahasiswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa accidental. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara self regulated learning dan motivasi mengikuti PKM. Nilai r sebesar 0,363 dan nilai p = 0,000 (0,000 < 0,01). Selain itu, terdapat kontribusi efektif (r2.100) yaitu 13,2%, dimana self regulated learning berhubungan dengan motivasi mengikuti PKM. Sedangkan, 86,8% dipengaruhi oleh variabel lain.