PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA REGULER DI SEKOLAH INKLUSIF SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG

Main Author: Cahyani, Niki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34402/1/jiptummpp-gdl-nikicahyan-44144-1-niki%2Csk-i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34402/
Daftar Isi:
  • Keyword : Empati, Psikodrama, Sekolah Inklusif Pada pelaksanaan pendidikan inklusif yang bertujuan mewujudkan pendidikan yang menghargai keanekaragaman dan non diskriminatif, seringkali siswa ABK menjadi korban bullying oleh siswa reguler dikarenakan kurangnya empati siswa reguler. Salah satu metode yang diperkirakan dapat meningkatkan empati siswa reguler adalah Psikodrama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas psikodrama dalam meningkatkan empati siswa reguler terhadap siswa ABK di sekolah inklusif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan model one group pre and post test design. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah subjek 15 siswa reguler SMP Muhammadiyah 2 Malang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah interview, dan skala empati. Berdasarkan data yang diperoleh dilakukan analisa data menggunakan paired sample t test (p = 0.000, p < 0.005 & t = -9.439), dapat diambil kesimpulan bahwa psikodrama dapat meningkatkan empati siswa reguler terhadap siswa ABK di sekolah inklusif SMP Muhammadiyah 2 Malang