HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA�

Main Author: CHAIRUNNISA, RESTU AULIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34384/1/jiptummpp-gdl-restuaulia-44296-1-restuau-5.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34384/
Daftar Isi:
  • Keyword : Indeks Prestasi Kumulatif, Self Directed Learning, Mahasiswa. Abstraksi lndeks prestasi kumulatif (IPK) merupakan ukuran keberhasilan mahasiswa dalam menjalani perkulihan mereka. Selain itu IPK juga digunakan sebagai seleksi administratif pada saat melamar kerja. Selain itu IPK mahasiswa juga memberikan kontribusi pada kualitas suatu universitas. Pembelajaran di perguruan tinggi menuntut kemandirian belajar mahasiswa atau self directed learning (SDL) dalam menjalankan tugas-tugasnya. SDL adalah kemampuan seseorang untuk belajar secara mandiri mulai dari perencanaan belajar hingga mengevaluasi hasil belajar mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat hubungan positif antara SDL dengan IPK mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi dengan melibatkan 346 dari 48.382 mahasiswa dengan quota sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan antara SDL dengan IPK mahasiswa (r) = 0.524 p=0.000 < 0.05. Selain itu, didaptkan besar pengaruh Self Directed Learning terhadap IPK mahasiswa sebesar 27.4% dimana 72.6% lainnya dipengaruhi faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.