PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP KONSENTRASI ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD)

Main Author: Cahyasari, Astrie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34338/1/jiptummpp-gdl-astriecahy-42934-1-skripsi-d.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34338/
Daftar Isi:
  • Keyword : Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), permainan tradisional engklek. ABSTRAKSI Kognitif yang dialami anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan kemunduran satu tahun yang dialami anak normal, hal tersebut yang membuat anak susah berkonsentrasi. Apabila anak ADHD sulit berkonsentrasi akibatnya kurang bisa menangkap pelajaran disekolah maupun informasi di lingkungannya secara baik. Pada permainan tradisionalengklek terdapat indikator didalamnya yang mampu meningkatkan konsentrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainantradisional engklek terhadap konsentrasi anak ADHD. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain variasi objek tunggal. Teknik pengambilan sampel yakni purpose samping dengan kriteria anak ADHD usia 6-8 tahun, memiliki surat keterangan pemeriksaan dari pihak terapis yang menyatakan anak ADHD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Berdasarkan data yang diperoleh dilakukan analisa dengan menggunakan grafik untuk melihat perbedaan serta uji analisa non paramatrik Wilcoxon. Berdasarkan anlisis data yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa permainan tradisional engklek memiliki pengaruh terhadap peningkatan konsentrasi anak ADHD dengan tingkat kepercayaan 94,6%.