PENGARUH MENDENGARKAN DONGENG TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH

Main Author: Azkiya, Nur Rahmatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34262/1/jiptummpp-gdl-nurrahmatu-43302-1-laporan-i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34262/
Daftar Isi:
  • Keyword : Anak prasekolah, Mendengarkan dongeng, Kemampuan Bahasa ABSTRAKSI Faktor terpenting bagi anak untuk mengapresiasikan emosi mereka salah satunya adalah bahasa. Bahasa bagi anak dapat diperoleh melalui banyak faktor salah satunya dari pengalaman sehari-hari. Usia prasekolah memasuki fase pemahaman terhadap simbol termasuk bahasa, sehingga dibutuhkan metode untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Mendongeng merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena dalam mendongeng terjadi proses mendapatkan kosa kata baru, mengevaluasi serta memahami informasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mendengarkan dongeng terhadap kemampuan bahasa pada anak prasekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa/i PAUD/KB Bunda Aini dengan rentang usia 5 sampai 6 tahun. Analisa data menggunakan paired sample t-test dengan hasil yang menunjukkan bahwa mendengarkan dongeng berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan bahasa pada anak prasekolah, yang ditunjukkan dengan nilai p = 0,000 (< 0,05).