FORMAL CAREGIVER STRAIN DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA GURU PEMBIMBING KHUSUS
Main Author: | Islam, Fajrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34249/1/jiptummpp-gdl-fajrulisla-43656-1-skripsi-m.pdf http://eprints.umm.ac.id/34249/ |
Daftar Isi:
- Keyword : formal caregiver strain, subjective well being, guru pembimbing khusus, anak berkebutuhan khusus, pendidikan Inklusif. Abstrak Guru Pembimbing Khusus merupakan guru dengan latar belakang pendidikan luar biasa yang bertugas menjembatani kesulitan anak disabilities, guru kelas dan guru mata pelajaran dalam proses pembelajaran. Tantangan yang masih terus dihadapi oleh Guru Pembimbing Khusus hingga saat ini adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam menangani anak disabilities, sedangkan anak-anak tersebut membutuhkan banyak perhatian dan perawatan selama di sekolah. Keadaan tersebut menimbulkan reaksi subjektif yang bermacam-macam bagi Guru Pembimbing Khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara formal caregiver strain terhadap subjective well being pada guru pembimbing khusus di sekolah inklusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuantitatif korelasi dengan skala caregiver strain dan skala subjective well being. Jumlah subjek 50 orang Guru Pembimbing Khusus di wilayah Malang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisa data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara caregiver strain dan subjective well being.