APLIKASI PANDUAN OLAHRAGA ATLETIK MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
Main Author: | Nurdiantoro, Devri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34205/1/jiptummpp-gdl-devrinurdi-45497-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34205/2/jiptummpp-gdl-devrinurdi-45497-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34205/ |
Daftar Isi:
- Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time. Penelitian ini menggunakan teknologi AR kedalam media pembelajaran olahraga atletik sehingga membuat pembelajaran atletik menjadi lebih menarik dengan adanya animasi objek 3D. Aplikasi ini dibuat menggunakan software Unity3D dengan bahasa pemrograman C# dan untuk pembuatan objeknya menggunakan software Makehuman dan Blender. Aplikasi ini berjalan pada platform mobile android, dimana aplikasi ini memerlukan video streaming yang diambil dari kamera smartphone sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi akan melacak dan mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker terdeteksi, model 3D manusia beserta animasinya akan muncul diatas marker seolah-olah objek manusia tersebut nyata. Proses pengujian yang dilakukan pada aplikasi ini menggunakan metode Blackbox Testing yang digunakan untuk melihat kinerja dari aplikasi. Metode ini hanya terfokus pada output yang dihasilkan oleh perangkat lunak dalam menanggapi input yang dilakukan. Oleh karena itu pengujian yang dilakukan hanya difokuskan pada hasil output yang disesuaikan dengan menggunakan acuan ISO 9241-11.