IMPLEMENTASI LIBRARY POCKETSPHINX UNTUK APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID
Main Author: | SyafaÂ’ah, Tsalis ImroÂ’atun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34102/1/jiptummpp-gdl-tsalisimro-42905-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34102/2/jiptummpp-gdl-tsalisimro-42905-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34102/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari pada anak usia dini. Anak usia 6 tahun keatas lebih menyukai pembelajaran yang interaktif dan menarik agar anak mempunyai keinginan untuk belajar. Android merupakan sasaran yang efektif untuk digunakan sebagai platform implementasi media pembelajaran. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran bahasa Inggris yaitu pengucapan kosakata. Terkadang pengucapan tidak sesuai dengan ejaan. Sistem pembelajaran bahasa Inggris ini akan dirancang dengan sistem pengenalan suara/ucapan dengan memanfaatkan Pocketsphinx. Pocketsphinx merupakan library pengenalan suara milik Carnegie Mellon University (CMUSphinx) yang dirancang khusus untuk mobile. Dengan menggunakan library Pocketsphinx sistem pembelajaran ini diharapkan dapat berjalan secara offline pada platform Android. Dengan implementasi Speech Recognition sebagai media pengenalan pengucapan suara pada aplikasi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan minat anak untuk belajar sambil bermain.