PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF KURARU BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Author: NISA', WIDAYANTI CHOIRUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34036/1/jiptummpp-gdl-widayantic-45584-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34036/2/jiptummpp-gdl-widayantic-45584-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34036/
Daftar Isi:
  • Keyword : pengembangan media, media interaktif, augmented reality, pembelajaran tematik Kemajuan teknologi membuat dunia pendidikan dituntut untuk berkembang, maka perangkat pembelajaran yang ada di dalamnya termasuk media pembelajaran juga harus dikembangkan. Kurangnya ketersediaan media untuk pembelajaran tematik kelas V SD menjadi kendala dalam tercapainya tujuan pembelajaran tematik. Guru belum pernah membuat dan mengembangkan media untuk pembelajaran tematik, media yang digunakan guru masih berbasis satuan mata pelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan edukatif akan mempermudah proses pembelajaran. Sehingga masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan dan hasil pengembangan media interaktif KURARU serta keefektifan media interaktif KURARU terhadap hasil belajar dalam pembelajaran tematik tema organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran dan menghasilkan produk berupa media interaktif KURARU yang digunakan pada pembelajaran tematik tema organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD, serta melihat adanya efektifitas penggunaan media interaktif KURARU dalam hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode R&D dari Borg and Gall yaitu metode penelitian dan pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk. Media interaktif yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli meteri pembelajaran tematik serta diuji cobakan kepada peserta didik kemudian diberi respon siswa dan angket validasi pembelajaran untuk guru. Data keseluruan diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil temuan produk dapat disimpulkan bahwa: 1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media interaktif KURARU yang dapat digunakan di kelas V SD. 2) Media interaktif KURARU terbuat dari sebuah perangkat lunak 3DSMax2013 kemudian dijadikan aplikasi yang dapat install di handphone android atau laptop. Media ditayangkan dalam bentuk teks, gambar, suara, gambar 3D dan durasi pemakaian tergantung penggunaan media. 3) Pengembangan media yang dilakukan terdiri dari tahap analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi oleh ahli, revisi produk, dan uji coba peserta didik. 4) Hasil validasi oleh ahli media didapatkan skor 77%, hasil validasi oleh ahli materi didapatkan skor 97%, dan hasil validasi media pembelajaran didapatkan skor 100%. 5) Hasil belajar menggunakan media interaktif KURARU pada kelompok besar menunjukkan bahwa media interaktif KURARU dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.