SELF EFFICACY SISWA SD KELAS VI DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SDN SAMBIREJO JOGOROTO JOMBANG
Main Author: | WIDIATMOKO, TEGUH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34031/1/jiptummpp-gdl-teguhwidia-45337-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34031/2/jiptummpp-gdl-teguhwidia-45337-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34031/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Self Efficacy, Masalah Kontekstual, Kemampuan Matematika Matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Belajar Matematika merupakan suatu syarat cukup untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Dengan belajar matematika, kita akan belajar bernalar secara kritis, kreatif, dan aktif. Matematika merupakan ide-ide abstrak yang berisi simbol-simbol, maka konsep-konsep matematika harus di pahami terlebih dahulu sebelum memanipulasi simbol-simbol itu. Menurut teori Piaget, anak usia sekolah dasar pada umunya mengalami kesulitan dalam memahami matematika yang bersifat abstrak, karena keabstrakannya matematika relatif tidak mudah untuk dipahami oleh siswa sekolah dasar pada umumnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Soedjadi (2000) dalam (Ahmad Susanto, 2013 : 191) mengemukakan bahwa daya serap rata-rata siswa sekolah dasar untuk mata pelajaran matematika hanya sebesar 42%. Istilah keyakinan pada ilmu psikologi pendidikan biasanya diistilahakan sebagai “Self Efficacy”. Keyakinan bahwa seseorang dapat menguasai situasi dan memproduksi hasil positif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Self Efficacy siswa kelas 6 SD berdasarkan kemampuan metematika tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah kontekstual di SDN Sambirejo Jogoroto Jombang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun langkah-langkah pengumpulan data menggunakan, Angket, Tes Masalah Kontekstual, Wawancara, dan Analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Self Efficacy Siswa SD kelas 6 Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Berdasarkan Kemampuan Matematika di SDN Sambirejo Jogoroto Jombang, Skor self efficacy matematika AA adalah 86,25 % , skor tersebut termasuk dalam kategori self efficacy tinggi karena lebih dari sama dengan 62,5%. Skor self efficacy matematika HSAD adalah 73,25%, skor tersebut termasuk dalam kategori self efficacy tinggi karena lebih dari sama dengan 62,5%. Skor self efficacy matematika RP adalah 60,625%, skor tersebut termasuk dalam kategori self efficacy rendah karena kurang dari 62,5%.