PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA POSTER DI KELAS IV SEMESTER II SDN TUNGGUL WULUNG 3 MALANG
Main Author: | Haer, Lestarie Muthia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34029/1/jiptummpp-gdl-lestariemu-45352-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34029/2/jiptummpp-gdl-lestariemu-45352-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34029/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Pembelajaran IPA, Berpikir Kreatif, dan Examples Non Examples Kondisi pembelajaran di SDN Tunggul Wulung 3 Malang diketahui bahwa guru melaksanakan pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga banyak siswa kurang memahami materi pelajaran. Guru belum banyak mengarahkan siswa untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah dan jarangnya menggunakan variasi model pembelajaran yang berpengaruh terhadap berpikir kreatif. Berpikir kreatif siswa digunakan karena melihat dari kondisi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model Examples Non Examples dengan media Poster siswa lebih aktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Menerapkan model Examples Non Examples dengan media Poster terhadap Pembelajaran IPA di kelas IV SDN Tunggul Wulung 3 Malang (2) Meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif di kelas IV SDN Tunggul Wulung 3 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan kemampuan berpikir kreatif. Pada Siklus I menggunakan metode ceramah kurang meningkat atau kategori kurang kreatif hanya beberapa indikator terperinci diantara indikator yang lain, maka peneliti ingin memperbaiki pembelajaran dan perbaikan dengan melakukan siklus berikutnya sedangkan siklus II indikator sudah mencapai atau mengalami peningkatan dan kategori sangat kreatif hanya beberapa indikator berpikir lancar dan lentur diantara yang lain.