PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG

Main Author: MAHMUDIYAH, ANIS TARTILIL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34022/1/jiptummpp-gdl-anistartil-45374-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34022/2/jiptummpp-gdl-anistartil-45374-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34022/
Daftar Isi:
  • Keyword : Model STAD, Hasil Belajar, Tematik Pembelajaran tematik tidak dapat berjalan secara maksimal karena guru masih menggunakan metode lama yaitu ceramah dan tanya-jawab. Akibatnya siswa menjadi kurang kreatif di kelas sehingga nilai yang dicapai siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dalam pembelajaran tematik kelas IV SD Muhammadiyah 5 Malang, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dalam pembelajaran tematik kelas IV SD Muhammadiyah 5 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memaparkan data yang diperoleh secara alami dari data sebelum tindakan, selama tindakan dan sesudah tindakan. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Pembelajaran ini mengacu pada belajar kelompok siswa secara heterogen. Dalam belajar kelompok siswa saling membantu satu sama lain, tes akhir pada pembelajaran ini dilaksanakan secara individu dan siswa tidak boleh saling membantu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rencana yang dibuat, hal ini bisa dilihat dari lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa ; 2) ketuntasan belajar setelah menggunakan model kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan, terlihat pada ketuntasan klasikal saat pra siklus hanya 17%, dan pada siklus I 35%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81%.