PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS IV SDN REMBUN 01 KECAMATAN DAMPIT

Main Author: SETIAWAN, DENI VERI AGUS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34020/1/jiptummpp-gdl-deniveriag-45376-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34020/2/jiptummpp-gdl-deniveriag-45376-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34020/
Daftar Isi:
  • Keyword : Hasil Belajar Bilangan Romawi, Model Pembelajaran Team Quiz. Matematika merupakan bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berfikir. Selain interaksi yang baik antara guru dan siswa tersebut, faktor lain yang menentukan keberhasilan pembelajaran matematika adalah bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut. Berdasakan observasi awal terdapat kekurangan dalam pembelajaran matematika, yakni nilai hasil belajar siswa yang masih rendah itu ditunjukkan dari nilai sebagian besar siswa masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu model pembelajaran aktif yang dapat digunakan adalah model Team Quiz atau kuis kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Team Quiz untuk meningkatkan hasil belajar bilangan romawi di kelas IV SDN Rembun 01 Dampit dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bilangan romawi di kelas IV SDN Rembun 01 Dampit setelah diterapakan pemebalajaran model Team Quiz. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK) yang menggambarkan peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran yang telah diberikan kepada subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.Penelitian dilakukan melalui dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam penerapan model Team Quiz untuk meningkatkan hasil belajar bilangan romawi di kelas IV SDN Rembun 01 Dampit guru telah berhasil dan mampu meningkatkan aktifitas siswa. Dalam penerapannya siswa dibagi menjadi tiga kelompok, semua anggota kelompok yakni kelompok A, B, dan C. Kelompok A memberi pertanyaan kepada kelompok B. Jika kelompok B tidak dapat menjawab pertannyaan, lempar pertanyaan tersebut kepada kelompok C, begitu juga seterusnya. Pembelajaran diakhiri pembelajaran dengan menyimpulkan tanya jawab (2) peningkatan hasil belajar bilangan romawi di kelas IV SDN Rembun 01 Dampit setelah diterapakan pembelajaran model team quiz menunjukkan dari awal pratindakkan sebesar 27,25%, kemudian pada siklus I yaitu 63,65%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.