ANALISIS PERAN GURU DALAM PENANGANAN PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA KELAS AWAL DI SDN SUKOREJO 2 KECAMATAN SUKOREJO KOTA BLITAR

Main Author: PRASTIWI, EVA INTAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34010/1/jiptummpp-gdl-evaintanpr-45386-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34010/2/jiptummpp-gdl-evaintanpr-45386-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34010/
Daftar Isi:
  • Keyword : Peran Guru, Penanganan Perilaku Menyimpang, Perilaku Menyimpang. Peran guru sangat penting dalam suatu pembelajaran dan membentuk perilaku siswa, karena peran guru tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik perilaku siswa sehari-hari. Dalam menangani perilaku menyimpang siswa peran guru sangat mempengaruhi hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku sosial anak usia sekolah dasar kelas awal, (2) penyebab perilaku menyimpang pada siswa SD kelas awal, (3) upaya guru dalam menangani perilaku menyimpang pada anak kelas awal di SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data adalah guru kelas 1,2,3 dan siswa kelas 1,2,3. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016. Penelitian ini menggunakan beberapa metode dalam memperoleh data yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) perilaku sosial siswa kelas awal sering melanggar tata tertib, membantah apabila dinasehati oleh guru, diberi materi tidak paham-paham, (2) penyebab perilaku menyimpang karena pengaruh lingkungan sekitar yang kurang baik, orang tua tidak mendukung pendidikan, (3) upaya guru dalam menangani perilaku menyimpang berusaha semaksimal mungkin membentuk pribadi yang lebih, sopan, mengadakan evaluasi setiap bulan untuk membahas dalam penanganan perilaku menyimpang.