PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF PROKLAMASI (GEC) DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Author: KISTY, NANDA PUTRI TYAS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34005/1/jiptummpp-gdl-nandaputri-45392-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34005/2/jiptummpp-gdl-nandaputri-45392-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34005/
Daftar Isi:
  • Keyword : Pengembangan media, game edukatif proklamasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai hasil belajar siswa kelas V pada materi Proklamasi Kemerdekaan RI banyak siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Penyebabnya adalah siswa kurang tertarik dan kurang perhatian dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Materi yang disampaikan tidak dapat diserap dengan baik karena terlalu banyak materi yang harus dihafalkan dan media yang digunakan kurang menarik. Media yang digunakan pada kelas V adalah media gambar tokoh Pahlawan, belum ada inovasi baru penggunaan media yang lebih atraktif. Penggunaan media juga kadang hanya berfungsi sebagai penguat materi, sehingga belum bisa dikatakan efektif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran game eduktif proklamasi dan menguji keefektifan penggunaan media tersebut didalam kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau dengan Research and Development (R&D). Penelitian ini mengacu pada siklus penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Subyek yang digunakan yakni siswa kelas V SDN Sisir 01 dan SDN Sisir 05 Batu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan metode test, serta menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan (1) penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran game edukatif proklamasi yang dapat diterapkan dalam mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan RI pada kelas V sekolah dasar. Prosentase yang didapatkan dari ahli media yaitu sebesar 88% dan presentase yang didapatkan dari ahli materi yaitu 92,63% menunjukkan media sangat layak digunakan untuk mendukung penyampaian materi pada mata pelajaran IPS. Hasil validasi didapatkan dari ahli pembelajaran pertama sebesar 76,67% dan ahli pembelajaran kedua memiliki nilai prosentase 83,34% yang artinya media layak diterapkan dalam proses pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar. Prosentase yang didapatkan dari angket respon siswa pada ujicoba kelompok kecil adalah 82,5 % dan ujicoba kelompok besar yaitu sebesar 94,5 % dengan rata-rata siswa senang dan setuju jika media ini digunakan saat pembelajaran. (2) Media game edukatif proklamasi efektif dan efisien diterapkan dalam pembelajaran IPS karena siswa menjadi lebih memiliki motivasi belajar, yang dapat menjadikan siswa serius dalam mengikuti pembelajaran sehingga berpengaruh tehadap hasil belajarnya.