PENGEMBANGAN MEDIA KOPER-X (KOTAK PERKALIAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II DI SD NEGERI MOJOLANGU 2

Main Author: SAPUTRO, YONGKI MAHENDRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33995/1/jiptummpp-gdl-yongkimahe-45403-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33995/2/jiptummpp-gdl-yongkimahe-45403-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33995/
Daftar Isi:
  • Keyword : Media Koper-x, Perkalian, Kelas II, SDN Mojolangu 2 Malang Perkalian yaitu sebuah operasi bilangan matematika yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Pada sekolah dasar siswa kelas rendah masih sulit untuk diajak berfikir abstrak, contohnya dalam konsep dasar perkalian 5 x 3 tidaklah sama dengan 3 x 5 meskipun hasilnya sama-sama 15. Penggunaan media Koper-x akan mempermudah siswa dalam mencerna maupun menangkap informasi yang diberikan oleh guru. Kegunaan media sendiri untuk lebih mudah penyampaian dan memahamkan siswa dalam belajar. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Model ini merupakan model desain pembelajaran yang berorientasi produk, dalam model ini ada tiga fase yaitu fase analisis keperluan, fase desain, fase pengembangan dan implementasi. Di setiap fase akan dilakukan penilaian dan pengulangan. Pengembangan media Koper-x termasuk media yang mempunyai kriteria sangat baik. Hasil validasi media mendapatkan persentase sebesar 91,67% sedangkan hasil validasi materi memperoleh persentase 91,67%. Media ini juga mendapatkan respon positif dari siswa, hasil angket respon siswa saat uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 3 siswa diperoleh persentase 100% sedangkan pada uji kelompok besar diperoleh persentase sebesar 99%, dari hasil respon siswa pada saat uji kelompok besar juga dilakukan validasi pembelajaran oleh guru kelas dan mendapat persentase sebesar 96,8%.