STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DI SDN GUMULAN DAN SDN POJOKKULON KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG

Main Author: AFIFATUROHMAH, LELY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33981/1/jiptummpp-gdl-lelyafifat-44151-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33981/2/jiptummpp-gdl-lelyafifat-44151-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33981/
Daftar Isi:
  • management SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon memiliki ruang kelas dengan luas sekitar 7mx8m dengan jumlah peserta didik tidak lebih dari 26 peserta didik pada masing-masing kelas. Luas ruang kelas yang cukup besar dan jumlah peserta didik sedikit merupakan pendukung pelaksanaan pengelolaan kelas. Pada kenyataannya pelaksanaan pembelajaran di kelas, peserta didik kurang kooperatif terhadap kegiatan pembelajaran, kelas menjadi ramai jika guru tidak berada di dalam ruangan, pembelajaran yang monoton, fasilitas yang ada dan yang digunakan hanya seadanya. Masing-masing guru memiliki strategi untuk menciptakan kelas yang kondusif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, (2) Faktor pendukung strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, dan (3) Faktor penghambat strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dipilih adalah guru kelas I sampai kelas V dan peserta didik kelas I dan kelas V SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon adalah 1) menggunakan pendekatan pengelolaan kelas yaitu a) pendekatan sosio-emosional, b) pendekatan perubahan perilaku, c) pendekatan proses kelompok, d) pendekatan kebebasan; 2) menciptakan kedisiplinan; 3) pemberian motivasi; 4) kegiatan pembelajaran yang bervariasi; 5) pengaturan ruang belajar meliputi a) pengaturan tempat duduk, b) pengaturan media pendidikan papan tulis, c) pengaturan keindahan dan kebersihan, d) ventilasi dan tata cahaya yang masuk. Faktor pendukung strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang adalah 1) besarnya ruang kelas, 2) jumlah peserta didik di dalam kelas, 3) faktor guru, 4) kondisi peserta didik. Faktor penghambat strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang adalah 1) fasilitas yang kurang memadai, 2) kurangnya perhatian orang tua, 3) tugas guru selain mengajar, 4) faktor guru