ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 SUBTEMA 2 KELAS V SDN MOJOLANGU 03 MALANG

Main Author: SYAVA, FINDRI NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33979/1/jiptummpp-gdl-findrinurs-44184-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33979/2/jiptummpp-gdl-findrinurs-44184-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33979/
Daftar Isi:
  • Keyword : penerapan, model Problem Based Learning, metode Think Pair Share, pembelajaran tematik, Aplication, Problem Based Learning model, Think Pair share method, tematic learning. Pembelajaran tematik tema 8 subtema 2 kelas V di SDN Mojolangu 03 Malang guru menerapkan model Problem Based Learning dengan metode Think Pair Share. Model Problem Based Learning yaitu model pembelajaran berbasis masalah sedangkan metode Think Pair Share mempunyai langkah-langkah yaitu berpikir, berpasangan, berbagi. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut, (1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan model PBL dengan metode TPS (2) Bagaimana pelaksanaan model PBL dengan metode TPS (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan model PBL dengan metode TPS (4) Bagaimana kendala pelaksanaan model PBL dengan metode TPS, serta (5)Bagaimana upaya dalam mengatasi kendala-kendala yang muncul pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan model PBL dengan metode TPS kelas V SDN Mojolangu 03 Malang. Pada penelitian penerapan model Problem Based Learning dengan metode Think Pair Share pada pembelajaran tematik tema 8 subtema 2 menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data (data reduction), pemaparan data (data display), serta penarikan kesimpulan (verifying). Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu (1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran guru mempersiapkan silabus dan RPP, (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru sudah sesuai dengan langkah-langkah RPP yang dibuat., (3) evaluasi