PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN TEKNIK ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN SITIREJO 04 KABUPATEN MALANG
Main Author: | HUDA, MUHAMMAD NUZILAL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33976/1/jiptummpp-gdl-muhammadnu-44192-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33976/2/jiptummpp-gdl-muhammadnu-44192-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33976/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Model Pembelajaran Langsung, Teknik Ice Breaking, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Direct Learning Model, Technic Ice Breaking, Learning Activity, Result Study Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada permasalahan mengenai aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas 5 di SDN Sitirejo 04 Kabupaten Malang yaitu rendahnya aktivitas belajar siswa yang ditandai dengan kurangnya interaksi antara guru dan siswa serta hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih belum mengarahkan siswa untuk aktif serta guru tidak melibatkan partisipasi siswa sehingga siswa masih terlihat pasif. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan model pembelajaran langsung dengan teknik Ice Breaking untuk meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas 5 SDN Sitirejo 04 Kabupaten Malang. (2) Penerapan model pembelajaran langsung dengan teknik Ice Breaking untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 5 SDN Sitirejo 04 Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data yang diambil berupa hasil observasi dan hasil tes siswa kelas 5 dan sumber data adalah siswa kelas 5 SDN Sitirejo 04 Kabupaten Malang, tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 18 siswa. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2016 dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran langsung dengan teknik Ice Breaking terhadap peningkatan aktivitas belajar pada siswa kelas 5 SDN Sitirejo 04 Kabupaten Malang (2) penerapan model pembelajaran langsung dengan teknik Ice Breaking terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas 5 SDN Sitirejo 04 Kabupaten Malang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa yang ditandai dengan perubahan diantaranya siswa sudah mulai aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran serta tidak ada rasa malu untuk bertanya dan berpendapat. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 67% dan pada siklus 2 sebesar 83% dengan nilai ketuntasan ≥75. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. hasil penelitian dengan menerrapkan model pembelajaran langsung dengan teknik Ice Breaking disarankan untuk diadakan media pendukung saat pembelajaran berlangsung agar siswa lebih aktif sehingga lebih menarik perhatian dan tidak monoton.