ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SDN PURWANTORO 1 MALANG

Main Author: MUNANDAR, ARIS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33970/1/jiptummpp-gdl-arismunand-44198-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33970/2/jiptummpp-gdl-arismunand-44198-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33970/
Daftar Isi:
  • Keyword : Analisis, Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Karawitan, Analysis, character education, extracurricular karawitan Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifat kordinatnya menuju kearah peradaban yang manusiawi dan lebih baik. Pendidikan karakter dapat diimplementasikan melalui kegiatan esktrakurikuler, yang merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan diluar jam pelajaran. Salah satu ekstrakurikuler yang diadakan di sekolah ini adalah esktrakurikuler karawitan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan pada siswa SDN Purwantoro 1, 2) mendiskripsikan kendala dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa SDN Purwantoro 1, 3) mendiskripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam menanamkan nilai karakter pada siswa SDN Purwantoro 1 melalui ekstrakurikuler karawitan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaimana adanya. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai karakter yang muncul setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karawitan pada siswa SDN Purwantoro 1 yaitu religius, jujur, toleransi, kedisiplinan, kerja keras, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, nilai persahabatan, cinta damai, peduli sosial, dan rasa tanggung jawab. (2) Kendala yang dihadapi dalam menanamkan nilai kararakter dalam ekstrakurikuler karawitan yaitu minat anak yang kurang dalam mengikuti ekstrakurikuler karawitan, sarana dan prasarana belum optimal, kurangnya partisipasi wali murid, minimnya tenaga Pembina karawitan, kurangnya waktu latihan. (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu mendatangkan guru karawitan yang lebih terampil dan menarik minat wali murid dengan menampilkan pertunjukan karawitan disekolah dalam acara rapat wali murid.