ANALISIS PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN PURWANTORO 1 MALANG
Main Author: | ILMIAH, NUR AFIFATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33941/1/jiptummpp-gdl-nurafifatu-44229-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33941/2/jiptummpp-gdl-nurafifatu-44229-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33941/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Analisis, Peran Guru, Sikap Peduli Lingkungan, Analysis, Teacher act, Attitude care about sphere Peran guru sebagai pengelola dan pengarah pembelajaran pada suatu satuan pendidikan mempunyai peranan penting, tidak terkecuali pada satuan pendidikan sekolah dasar. Oleh karena itu, peneliti ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana peran guru sebagai pengelola dan pengarah pembelajaran dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata SDN Purwantoro 1 Malang? (2) Apa kendala yang dihadapi guru dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata kelas IIIA SDN Purwantoro 1 Malang? (3) Bagaimana solusi yang dihadapi guru dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata kelas IIIA SDN Purwantoro 1 Malang? Adapun tujuan penelitianya adalah: (1) Untuk mengetahui peran guru sebagai pengelola dan pengarah pembelajaran dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata SDN Purwantoro 1 Malang, (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata kelas IIIA SDN Purwantoro 1 Malang, (3) Untuk mengetahui solusi dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata kelas IIIA SDN Purwantoro 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang mana peneliti mendeskripsikan hasil penelitian kedalam bentuk kata-kata atau kalimat. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IIIA SDN Purwantoro 1 Malang. Sumber data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) SDN Purwantoro 1 Malang telah mendukung tumbuhnya sikap peduli lingkungan yang dimiliki peserta didik melalui pendidikan lingkungan hidup; (2) Kendala yang dihadapi guru dan sekolah dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan melalui pembelajaran pendidikan lingkungan hidup, kemudian upaya yang dilakukan guru dengan sekolah untuk mengatasi kendala yang timbul dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan diantaranya adalah melakukan pembiasaan.