PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA KELAS III SDN MOJOLANGU 2 MALANG
Main Author: | AYUNINGTYAS, LULLYTA FEBRYANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33922/1/jiptummpp-gdl-lullytafeb-44238-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33922/2/jiptummpp-gdl-lullytafeb-44238-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33922/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Menulis karangan sederhana, Media permainan monopoli, writing simple composition, monopoly game media Siswa kelas III SDN Mojolangu 2 Malang mengalami kesulitan pada materi menulis karangan sederhana pada mata pelajaran bahasa indonesia. Banyak siswa yang belum mencapai standar ketuntasan yang ditentukan sekolah dan belum bisa menulis karangan sederhana dengan baik dan benar. Siswa hanya cenderung menulis tetapi tidak mengetahui konsep menulis yang benar. Siswa sulit untuk memperoleh nilai yang sesuai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan siswa menulis karangan sederhana dengan menggunakan media monopoli keterampilan. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan alternatif pada siswa agar siswa tertarik dengan pembelajaran menulis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dan tempat dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Mojolangu 2 Malang dengan jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Sesuai dengan ketercapaian tujuan penelitian ini dilakukan dalam II siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan pada ketuntasan hasil menulis karangan sederhana siswa dapat diperoleh data bahwa siklus I kriteria ketuntasan minimal belum tercapai dikarenakan pada siklus I masih terdapat beberapa siswa yang belum terlibat aktif dalam pembelajaran. Siklus II kriteria ketuntasan sudah tercapai siswa sudah berkontribusi sepenuhnya dalam kegiatan pembelajaran, siswa mampu menuangkan ide kedalam sebuah tulisan berbentuk karangan sederhana. Siklus I sebesar 65% pada siklus II meningkat 86%. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media permainan monopoli dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa.