PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA KELAS III SDN DADAPREJO 01 BATU
Main Author: | CENTAURI, YULIET |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33915/1/jiptummpp-gdl-yulietcent-44247-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33915/2/jiptummpp-gdl-yulietcent-44247-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33915/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Metode Talking Stick, Hasil Belajar, Matematika, Talking stick method, learning result, math Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, yaitu terdapat adanya beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa kelas III SDN Dadaprejo 01 Batu pada materi perkalian. Kesulitan yang dimaksud adalah kesulitan pada perkalian khususnya pada perkalian bersusun. Pada pembelajaran tersebut, guru sudah melakukan metode hafalan, tetapi siswa belum bisa menguasai materi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana penelitian tindakan kelas merupakan sarana untuk memperbaiki dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui metode Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada perkalian kelas III SDN Dadaprej 01 Batu. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SDN Dadaprejo 01 Batu yang berjumlah 28 siswa. Langkah penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pelaksanaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui metode Talking Stick pada kelas III SDN Dadaprejo 01 Batu? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui metode Talking Stick pada kelas III SDN Dadaprejo 01 Batu? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu penelitian ini mendiskripsikan peristiwa yang terjadi selama proses pembelajaran. Untuk melengkapi data kualitatif digunakan juga data kuantitatif untuk mengukur hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes yang telah diberikan. Data kuantitatif berupa angka-angka tentang hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatifnya berupa penjabaran dari proses kegiatan dan hasil belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif melalui metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan pada siklus I sebanyak 40,74% dan siklus II sebanyak 71,42%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif melalui metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Dadaprejo 01 Batu pada mata pelajaran matematika khususnya perkalian.