ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 (Pengalamanku) SUBTEMA 1 (Pengalaman Masa Kecil) DALAM KURIKULUM 2013 KELAS 1 DI SDN MADYOPURO 4 MALANG

Main Author: ASDIATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33911/1/jiptummpp-gdl-asdiati-44257-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33911/2/jiptummpp-gdl-asdiati-44257-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33911/
Daftar Isi:
  • Keyword : Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, Kelas 1, Deskriptif Kualitatif, thematic learning, Kurikulum 2013, first grade, desciptive qualitative. Pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 guru mengembangkan kompetensi dan karakteristik peserta didik. Dalam proses kegiatan pembelajaran tematik guru kesulitan menerapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran tematik tema 5 (Pengalamanku) subtema 1 (Pengalaman Masa Kecil) dalam kurikulum 2013 kelas 1di SDN Madyopuro 4 Malang, (2) kendala dan solusi guru dan sekolah dalam menerapkan pembelajaran tematik tema 5 (Pengalamanku) subtema 1 (Pengalaman Masa Kecil) dalam kurikulum 2013 kelas 1 di SDN Madyopuro 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif.Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kegiatan pembelajaran kurang efektif, pendekatan saintifik dalam satu pembelajaran belum terlaksana seluruhnya. (2) Kendala guru dan sekolahdalam penerapan pembelajaran tematik yaitu sarana dan prasarana kurang memadai. Sedangkan solusi guru dan sekolah dalam penerapan pembelajaran tematik yaitu sekolah dan guru mengadakan workshop, guru bertukar pikiran dengan guru-guru yang lain terkait perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam pembelajaran tematik.