PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION MELALUI MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SD PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN TLEKUNG 02

Main Author: ANGGREINIE, RARA LAVENDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33906/1/jiptummpp-gdl-raralavend-44262-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33906/2/jiptummpp-gdl-raralavend-44262-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33906/
Daftar Isi:
  • Keyword : Sikap Ilmiah, Hasil belajar, Group Investigation, Scientific Attitude, Learning Result, Group Investigation Pentingnya sikap ilmiah dalam pelaksanaan percobaan atau penelitian menjadikannya syarat mutlak yang harus dimiliki peserta didik dalam kegiatan pembelajaran IPA. Penyebab rendahnya sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di SDN Tlekung 02 disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya pemanfaatan model & media dalam pembelajaran, dan peserta didik masih belum bisa mengaplikasikan konsep nyata dari IPA pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujunan untuk mengetahui : (1) penerapan model pembelajaran group investigation melalui media berbasis lingkungan dalam meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas 3 SD (2) peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa terhadap kombinasi model pembelajaran group investigation dan media berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA kelas 3 SD. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SD dengan jumlah siswa 39 orang. Data dan sumber data yang digunakan peneliti berasal dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sumber data diperoleh melalui wawancara pada guru kelas 3, observasi / pengamatan pada proses pembelajaran, dan tes yang dilakukan peneliti setelah penerapan PTK. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2016 dalam 2 tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap tindakan di lakukan oleh peneliti dalam 2 siklus. masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukan (1) penerapan model pembelajaran group investigation melalui media berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA kelas 3 SD memberikan dampak positif bagi siswa karena dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa 2) peningkatan sikap ilmiah pada siklus I menunjukan skor tertinggi antara 61-80 dan terendah antara 40-60. Sedangkan siklus ke II skor tertinggi berada antara 81-100 dan terendah di antara 40-60. Peningkatan hasil belajar pada siklus I menunjukan hasil belajar 62% dan siklus II menunjukan hasil belajar 82%. Peningkatan presentase hasil belajar siswa pada siklus II 20% meningkat dari siklus I.