PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF “GALATU” PADA MATERI WAKTU MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SEKOLAH DASAR
Main Author: | HOLILAH, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33902/1/jiptummpp-gdl-sitiholila-44269-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33902/2/jiptummpp-gdl-sitiholila-44269-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33902/ |
Daftar Isi:
- Keyword : pengembangan, media pembelajaran, video interaktif, GALATU, development, learning media, interactive video, GALATU. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT di kelas III SDN Bunul Rejo 3 Malang. Media yang sering digunakan yaitu media gambar, power point dan benda konkrit. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, dibutuhkan media berbasis IT yang dilengkapi gambar, animasi dan video dalam pembelajaran agar lebih aktif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa video interaktif pada materi waktu mata pelajaran matematika di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Gall, Borg, and Gall (2003) dan Dick dan Carey (2009). Model ini terdiri dari 7 langkah yaitu analisis, penelitian kebutuhan dan bukti dari konsep; perencanaan produk dan desain; pengembangan produk awal; uji lapangan awal; revisian produk; uji lapangan utama; dan revisi produk dan penyebaran. Hasil penelitian dari uji validasi ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran menunjukkan bahwa desain media mendapat presante 88,7% yang menunjukkan kriteria sangat valid dan layak. Sedangkan hasil uji coba produk di kelompok kecil berjumlah 10 siswa memperoleh rata-rata 83,9 dan kelompok besar dengan 19 siwa rata-rata 91,8. Tingkat keefektifan media sudah menunjukkan efektif terlihat dari respon siswa tertarik dan antusias untuk belajar, siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa sudah memenuhi standar KKM.