ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN LOWOKWARU 2 MALANG

Main Author: RINI, DYAH ARUM PUSPITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33901/1/jiptummpp-gdl-dyaharumpu-44270-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33901/2/jiptummpp-gdl-dyaharumpu-44270-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33901/
Daftar Isi:
  • Keyword : Kreativitas guru, pemanfaatan media, pembelajaran tematik, teacher creativity, media usage, thematic learning. Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang sudah ada. Kreativitas dalam memanfaatkan media pembelajaran bisa berupa produk ataupun memanfaatkan media yang ada di sekitar kita. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk kreativitas guru dalam perencanaan dan pemilihan media pembelajaran tematik kelas V di SDN Lowokwaru 2 Malang, (2) Mendeskripsikan strategi guru dalam memanfaatkan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran tematik kelas V di SDN Lowokwaru 2 Malang, (3) Menjelaskan hambatan yang dialami oleh guru dalam memanfaatkan media pembelajaran kelas V di SDN Lowokwaru 2 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Lowokwaru 2 Malang Jln. Tretes 3 Malang. Sumber data yang dipilih oleh peneliti yaitu data primer dan data sekunder. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini yaitu guru kelas VA,B,C SDN Lowokwaru 2 Malang. Pemilihan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu member chek. Analisis data dilakukan melalui 4 tahapan yaitu: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, (4) Veryfikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Bentuk-bentuk kreativitas guru dalam memanfaatkan media yaitu dengan memanfaatkan lingkungan di sekitar rumah atau sekolah, alat KIT yang disediakan dari pemerintah, LCD proyektor, dan barang-barang bekas, (2) Strategi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yaitu memilih media yang ekonomis dan praktis tetapi mampu dipahami oleh semua peserta didik, (3) Hambatan yang dialami guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yaitu dalam masalah waktu dan lokasi. Kesimpulannya yaitu guru cukup kreatif sesuai dengan indikator kreatifitas yaitu fluency dan flexibility. Saran untuk guru agar lebih banyak lagi menggali informasi dari berbagai sumber yang relevan.