Pengaruh Model Enquiry-Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas III di SDN Ngenep 02 Kab. Malang
Main Author: | PRATIWI, CITRA JAYA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33900/1/jiptummpp-gdl-citrajayap-44375-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33900/2/jiptummpp-gdl-citrajayap-44375-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33900/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Model Pembelajaran Enquiry-Discovery Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai pada pelajaran IPS kelas III SDN Ngepen 02 Kab. Malang masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam memperhatikan pelajaran yang cenderung membosankan. Dalam kegiatan pembelajaran ini guru kurang kreatif dan inofatif dalam menyampaikan pelajaran sehinggakurangnya minat siswa memperhatikan pelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran enquiry-discovery learning adalah siswa belajar mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran dari pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan teknik pemecahan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran enquiry-discovery learning dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Model pembelajaran manakah yang lebih baik anatara model pembelajaran Enquiry-Discovery learning dan konvensional. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran eanquiry-discovery learning dengan yang menggunakan metode konvensional. (2) Membandingkan model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Skripsi ini bermanfaat bagi siswa diharapkan dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka sehingga siswa dapat lebih aktif dalam belajar. Bagi guru penelitian ini diharapkan sebagai sumbanagan pemikiran bagi guru untuk penyampaian materi yang dapat mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik sehingga pembelajaran dengan menggunakan model ini lebih bermakna. bagi sekolah penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pelaksanaan penelitian ini dimulai dari persiapan, pengujian, dan pengumpulan data. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan tes hasil belajar siswa. Setelah peneliti membandingkan model pembelajaran enquiry-discovery learning dengan konvensional. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang memperoleh pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran enquiry-discovery learning dengan konvensional. Melalui analisis perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control dengan perbedaan rata-rata kelas x ekpserimen 77,48 dan kelas control 53,16 selisih rata-rata nilai pada kelas control dan kelas eksperimen adalah 24,32. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model enquiry-discovery learning lebih meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan model konvensional.