PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PEMANFAATAN ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD

Main Author: PEBRIAWAN, HANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33896/1/jiptummpp-gdl-hanapebria-44380-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33896/2/jiptummpp-gdl-hanapebria-44380-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33896/
Daftar Isi:
  • Keyword : Pengembangan, Media, Adobe Flash, IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi baru dan pemanfaatan media IPS di sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran IPS masih bersifat verbalis dan berpusat pada guru, media yang digunakan masih belum optimal karena media yang digunakan hanya poster dan buku paket, dengan adanya keterbatasan ini maka di butuhkan inovasi baru dalam pengembangan media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPS. Penggunaan media memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan interaksi antara guru dan peserta didik. Sehingga masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media poster dan buku paket dengan menggunakan Adobe Flash dan menguji kelayakannya pada Kelas IV untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial agar tercipta proses pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Media dikembangkan dengan model prosedural dengan menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran IPS serta di uji cobakan pada peserta didik. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pengembangan media yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap, yaitu: analisis kebutuhan, pemilihan materi, pengembangan desain produk, validasi oleh ahli, revisi produk, dan ujicoba produk (2) produk akhir dari pengembangan media ini adalah adobe flash sebagai pembelajaran di kelas IV SD. (3) hasil penilaian oleh ahli media di dapat skor 87%, ahli materi dengan skor 98% dan ahli pembelajaran dengan skor 97% dari skor maksimal masing-masing 100% (4) hasil uji coba pada siswa kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan media adobe flash dalam kategori sangat baik dengan prosentase masing-masing 88% dan 89%.