ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH 1 KESAMBEN BLITAR
Main Author: | WAHYUNINGTIAS, NOVI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33845/1/jiptummpp-gdl-noviwahyun-43624-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33845/2/jiptummpp-gdl-noviwahyun-43624-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/33845/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter, Headmaster, Character Education Di dalam pendidikan diperlukan penanaman karakter bagi anak, karena banyak pelanggran-pelanggaran yang sering terjadi dan dilakukan oleh anak, hal itu menunjukan bahwa pentingnya pendidikan karakter bagi anak, maka dari itu kepala sekolah dituntut untuk senantiasa berusaha membina dan mengembangkan hubungan kerja sama yang baik antara sekolah dan masyarakat guna mewujudkan sekolah yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran kepala sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 1 Kesamben Blitar, (2) kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam mengembangkan pendidikan krakter di SD Muhammadiyah 1 Kesamben Blitar, (3) upaya yang dilakukan kepala sekolah terhadap kendala dalam mengembangkn pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 1 Kesamben Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang dalam penelitian yaitu kepala sekolah SD Muhammadiyah 1 Kesamben Blitar. Data diperoleh dari hasil wawancara, obeservasi serta didukung dengan dokumentasi berupa foto-foto yang mengambarkan pelaksanaan pendidikan karakter. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam memajukan sekolah yang dia pimpin, begitupun dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sekolah, (2) kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter terdapat kendala dari guru, siswa serta dari wali murid (3) upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter disesuaikan dengan kendala yang dihadapi.