Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V SDN Ngroto 3 Pujon Kabupaten Malang

Main Author: Indriani, Yulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33841/1/jiptummpp-gdl-indrianiyu-43636-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33841/2/jiptummpp-gdl-indrianiyu-43636-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33841/
Daftar Isi:
  • Keyword : model make a match dan hasil Belajar. Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya atau belum tercapainya hasil belajar siswa sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada pembelajaran Tematik di SDN Ngroto 3 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah pada pembelajaran Tematik adalah 70. Sedangkan pada tema organ tubuh manusia dan hewan, prestasi belajar siswa masih rendah. Dengan jumlah siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan yaitu 65%. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru untuk menyampaikan materi kurang menarik, konvensional dan tidak disertai media pendukung sehingga mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap materi tersebut. Penerapan model make a match dirasa peneliti sesuai dengan permasalahan yang ada di lapangan dan mampu memperbaiki hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini mengunakan penelitian tindak kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaaan tindakan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ngroto 3 Pujon Kabupaten Malang dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa. Yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh selama penelitian berlangsung yaitu hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung mengajar dengan menggunkan model Make a Match. Berdasarkan hasil akhir penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model Make a Match pada pembelajaran tematik tema organ tubuh manusia dan hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran tematik kelas V SDN Ngroto 3 Pujon Kabupaten Malang pada siklus I dan II. Prosentase hasil belajar siswa (nilai rata-rata) pada siklus I mencapai 69,11 dan pada siklus II mencapai 82,35, dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 52,94% dengan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 70%, dan pada siklus II Prosentase ketuntasan klasikal mencapai 82,35%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema organ tubuh manusia dan hewan.