Analisis Pelaksanaan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Kelas 2 SD Muhammadiyah 05 Kota Malang

Main Author: Suaidah, Habibatus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33833/1/jiptummpp-gdl-suaidahhab-43646-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33833/2/jiptummpp-gdl-suaidahhab-43646-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33833/
Daftar Isi:
  • Keyword : Pendekatan saintik, Pembelajaran tematik, Aktifitas Siswa, Aktifitas Guru Abstrak Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 05 Kota Malang tentang pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik. Langkah-langkah pendekatan saintifik telah dilaksanakan, namun dalam bebrapa kegiatan pencapaiannya belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik (2) Aktifitas Guru pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik (3) Aktifitas Siswa pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas 2 SD Muhammadiyah 05 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaimana mestinya. Pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar penilaian aktifitas guru, lembar penilaian aktifitas siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif untuk menggambarkan faktor-faktor masalah yang diteliti serta persentase keterlaksanaan pembelajaran. Pengambilan data dilakukan sejak awal sampai akhir penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik sudah sesuai dengan langkah-langkah pendekatan saintifik dengan menerapkan kegiatan mengamati, menanya, megumpulkan informasi, mengolah informasi serta mengkomunikasikan pembelajaran. (2) Aktifitas guru pada pendekatan saitifik dalam pembelajaran tematik sudah terlaksana, namun pada kegiatan menanya dan mengkomunikasikan masih belum terlaksana dengan maksimal. (3) Aktifitas siswa pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terdapat kekurangan dalam kegiatan mengamati, menanya dan mengkomunikasikan. Hal ini dikarenakan karakter siswa yang berbeda-beda sehingga pada beberapa kegiatan tersebut siswa kurang merespon dan kurang antusias. Secara keseluruhan aktifitas siswa sudah terlaksana dengan baik.