KONSTRUKSI KURIKULUM BERBASIS TAUHID DI HOMESCHOOLING GROUP SD KHOIRU UMMAH 20 MALANGA
Main Author: | MUKHAROM, AGUS ALIP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33744/1/jiptummpp-gdl-agusalipmu-43072-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33744/2/jiptummpp-gdl-agusalipmu-43072-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33744/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Kurikulum, Tauhid ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi kurikulum berbasis tauhid di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah Malang. Adapun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah fokus terhadap bagaimana konstruksi atau model kurikulum berbasis tauhid di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 20 Malang, berikut dasar pemikiran, muatan dan implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah Kepala Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 20 Malang, Wakil Kepala Bidang kurikulum, dan Guru. Pemilihan Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 20 Malang sebagai setting penelitian didasarkan informasi bahwa lembaga ini menerapkan kurikulum berbasis tauhid. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data kualitatif, yakni reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ialah; (1) Pengembangan kurikulum berbasis tauhid didasari oleh empat hal, pertama, timbulnya degradasi moral pada anak yang disebabkan oleh pengaruh pemikiran Barat, seperti kapitalis, sekularis dan liberalis, kedua, keinginan untuk mewujudkan generasi yang memiliki pola pikir dan pola hidup Islami, ketiga, rasa prihatin terhadap generasi yang lemah aqidahnya, dan keempat, keinginan untuk mewujudkan generasi yang saleh dan cerdas. (2) Muatan kurikulum terdiri dari kurikulum dasar, kurikulum inti dan kurikulum penunjang. (3) Implementasi kurikulum ini ialah dengan mengintegrasikan muatan aqidah Islam (tauhid) di setiap mata pelajaran.