KURIKULUM DAN SISTEM PEMBELAJARAN PESANTREN (Studi Kasus di Pesantren Persatuan Islam [PERSIS] Bangil}
Main Author: | RASIDDIN, HOLIPATUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33742/1/jiptummpp-gdl-holipaturr-43074-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33742/2/jiptummpp-gdl-holipaturr-43074-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33742/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Kurikulum, sistem pembelajaran, pesantren ABSTRAK Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang turut berkontribusi menyelenggarakan pendidikan untuk membantu mensukseskan tujuan pendidikan Nasional. Akan tetapi pesantren sering dipandang sebelah mata karena dianggap tertinggal dan belum bisa menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini memberikan gambaran tentang keadaan dan usaha pesantren untuk terus berkembang untuk menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan pendidikan, kurikulum, dan sistem pembelajaran di pesantren Persatuan Islam (PERSIS) Bangil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah mudir (pimpinan) pesantren PERSIS Bangil dan wakil mudir bagian kurikulum sebagai orang yang bertanggungjawab terhadap kurikulum dan pembelajaran di pesantren PERSIS Bangil. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian diolah dengan metode deskriptif kualitatif agar mendapat gambaran yang jelas mengenai kurikulum dan sistem pembelajaran di pesantren PERSIS Bangil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesantren PERSIS Bangil memiliki kemiripan tujuan dengan pesantren-pesantren pada umumnya yaitu untuk mengkader juru dakwah, namun ada sedikit perbedaan dalam hal struktur dan isi kurikulum serta metode pembelajarannya. Hal ini dikarenakan pesantren PERSIS Bangil memiliki penekanan yang berbeda dengan pesantren-pesantren lainnya.