Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran al-Islam pada Siswa Kelas VII di SMPM 01 Malang
Main Author: | Yunus, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33741/1/jiptummpp-gdl-muhammadyu-43074-1-pndahulu-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33741/2/jiptummpp-gdl-muhammadyu-43074-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33741/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Media, Audio Visual, pembelajaran al-Islam ABSTRAK Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran al-Islam pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 01 Malang dan untuk mengetahui hasil pembelajaran al-Islam dengan media audio visual pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 01 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII sekolah menengah pertama. Pemilihan kelas VII di SMP Muhammadiyah 01 Malang ini berdasarkan kepada analisis permasalahan pembelajaran yang muncul. Permasalahan siswa yang muncul dalam proses pembelajaran al-Islam adalah kurangnya media dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal ini melalui pemanfaatan sarana prasarana sekolah berupa alat-alat penunjang pembelajaran yang sudah ada di dalam kelas yang berupa LCD, proyektor dan pengeras suara maka dibuatlah sebuah solusi pemecahan masalah dengan mengadakan pembelajaran menggunakan media audio visual. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penggunaan media audio visual dalam pembelajaran al-Islam pada siswa kelas VIIA meliputi persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Hasil belajar siswa setelah guru menggunakan media audio visual pada mata pelajaran al-Islam bahwa nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari yang sebelumnya tidak menggunakan media audio visual. Rata-rata nilai kelas yaitu 70 dari yang sebelumnya rata-rata nilai kelas 60. Jadi, dalam penggunaan media audio visual mengalami peningkatan 10%.