Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran PAI Di Sekolah SMP Negeri 18 Malang

Main Author: Fauziyah, Ika Nirmala
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33739/1/jiptummpp-gdl-ikanirmala-43503-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33739/2/jiptummpp-gdl-ikanirmala-43503-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33739/
Daftar Isi:
  • Keyword : Media Pembelajaran, Video, PAI. Abstrak Melalui kemajuan ilmu dan teknologi, penggunaan media pembelajaran di sekolah menuntut guru untuk menyediakan dan mengembangkan berbagai media juga sumber belajar yang dapat dipelajari oleh siswa, oleh karena itu guru dituntut mengembangkan kreativitas guru menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan guru dalam mengajar dan membantu siswa agar lebih mudah memahami pelajaran, dalam hal ini pihak sekolah juga membantu dengan menyediakan fasilitas memadai sebagai pendukung proses pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk: 1. Menegetahui proses penggunaan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 18 Malang; 2. Mengetahui kendala-kendala dalam penggunaan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 18 Malang; 3. Mengetahui solusi guru PAI dalam menanggapi kendala-kendala pada penggunaan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 18 Malang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan objek penelitiannya guru PAI dan siswa kelas VII E. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang sering digunakan yaitu video dan power point, media video ini sering digunakan ketika awal pembelajaran, selama video di putar, siswa diminta untuk mengamati video tersebut dan setelah itu siswa diminta untuk menjelaskan yang terkandung dalam video tersebut. Kendala-kendala penggunaan media pembelajaran PAI yaitu siswa akan merasa bosan apabila selalu menggunakan video pada semua materi, guru juga harus mencari video-video yang menarik tentang materi yang akan ditayangkan sehingga guru agak sedikit kesusahan mencari video yang cocok terlebih lagi bila LCD yang biasa digunakan mengalami masalah. Dan solusi untuk menghadapi kendala-kendala tersebut dengan membuat variasi menggunakan video agar tidak jenuh, menyesuaikan materi dengan video yang akan ditayangkan sehingga siswa tertarik untuk belajar.