Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-QurÂ’an Siswa SMP Negeri 13 Malang

Main Author: Hidayah, Wardatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33738/1/jiptummpp-gdl-wardatulhi-43581-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33738/2/jiptummpp-gdl-wardatulhi-43581-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33738/
Daftar Isi:
  • Keyword : Guru Pendidikan Agama Islam, Membaca Al-QurÂ’an Abstrak Membaca al-QurÂ’an merupakan salah satu kewajiban yang harus dipelajari oleh setiap orang Islam. Maka dari itu, dalam pengajaran membaca al-QurÂ’an juga diperlukan suatu strategi yang tepat karena dengan adanya strategi maka pembelajaran membaca al-QurÂ’an akan berjalan dengan baik dan lancar. Berpijak pada permasalahan diatas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian “strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-QurÂ’an, peneliti mengambil obyeknya di SMP Negeri 13 Malang. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: (1) Strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-QurÂ’an siswa SMP Negeri 13 Malang? (2) Hasil yang diperoleh strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-QurÂ’an? (3) faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-QurÂ’an? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Negeri 13 Malang. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui 3 proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-QurÂ’an menggunakan model al-Barqy dengan buku acuan IqraÂ’, strategi yang digunakan adalah Ekspoitri, Inkuiri, dan Kooperatif. Untuk metode adalah metode JamaÂ’iyah, pemberian tugas, dan pembiasaan,. (2) Hasil yang diperoleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-QurÂ’an siswa SMP Negeri 13 Malang menunjukkan hasil yang baik dan aplikasi dari metode-metode terbukti efektif. Bukti-bukti secara kualitatif berdasarkan hasil test menunjukkan kenaikan prestasi, test I nilai rata-rata 73,75, dan test II meningkat menjadi 76,71. Hasil test III yang dilakukan pada test akhir untuk mengetahui keseluruhan mulai kebenaran makhorijul huruf, tajwid, kelancaran dan kefasihan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-QurÂ’an adanya peningkatan prestasi belajar dibanding hasil test I dan II, dalam test III nilai rata-rata 81,40. (3) faktor pendukung strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-QurÂ’an siswa SMP Negeri 13 Malang antara lain: adanya guru, siswa, dan sarana prasarana. Sedangkan kekurangannya antara lain: kurangnya kesadaran siswa, kurangnya waktu pembelajaran.