Analisis Tuturan Guru dalam Struktur Pertukaran Percakapan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Neger

Main Author: ARISANDI, YONI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33448/1/jiptummpp-gdl-yoniarisan-44335-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33448/2/jiptummpp-gdl-yoniarisan-44335-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33448/
Daftar Isi:
  • Keyword : Tuturan guru, Struktur Pertukaran Percakapan ABSTRAK Tuturan dalam kegiatan pembelajaran merupakan realitas komunikasi yang berlangsung dalam interaksi guru dan siswa di kelas. Guru selalu menggunakan tuturan untuk memperlancar proses interaksi mulai dari tahap pembuka, inti, dan penutup. Ketiga tahap tersebut terbentuk dari rangkaian alih tutur yang dimulai oleh guru sebagai pembuka, jawaban dari siswa, dan tindak lanjut dari guru yang biasanya disebut dengan gerak pada struktur pertukaran percakapan. Gerak-gerak itu terdapat tindak yang dibatasi oleh fungsi ujaran seperti pertanyaan, perintah, memberi keterangan dan sebagainya. Untuk itu penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan wujud struktur pertukaran percakapan pembukaan guru, (2) mendeskripsikan wujud struktur pertukaran percakapan penjawaban, dan (3) mendeskripsikan wujud struktur pertukaran pelanjutan guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yakni guru dan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang sebagai responden penelitian. Adapun data penelitian ini berupa data verbal tuturan guru pada pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi,teknik dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data penelitian dengan cara pengelompokan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) wujud tuturan pembuka guru banyak ditemukan pada proses pembelajaran di kelas, meliputi pertanyaan sungguhan, pertanyaan pura-pura, permintaan keras secara langsung, permintaan lunak tak langsung, informatif, metastatement, dan ekspresif. (2) Wujud tuturan jawaban guru banyak ditemukan pada proses pembelajaran di kelas, meliputi menjawab, timbal tindak, ucapan terima kasih, pengulangan, dan pemicu ulang. (3) Wujud tuturan tindak lanjut guru juga banyak ditemukan pada proses pembelajaran di kelas, meliputi penerimaan, penghargaan, komentar, pembetulan, pengulangan, dan parafrase.