Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tuturan Tokoh-Tokoh pada Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan
Main Author: | Wianugrah, Jefri Andhika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33430/1/jiptummpp-gdl-jefriandhi-43671-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33430/2/jiptummpp-gdl-jefriandhi-43671-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33430/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Nilai, Pendidikan Karakter, Novel. Abstrak Novel Ibuk adalah sebuah novel inspiratif karya Iwan Setyawan. Novel tersebut mengisahkan perjuangan hidup sebuah keluarga yang berada di Batu Jawa Timur. Novel ini lebih menitikberatkan pada perjuangan dan peran seorang ibu di dalam rumah tangga. Novel tersebut merupakan sebuah upaya penanaman nilai pendidikan karakter kepada anak. Amanat yang terkandung di dalam novel tersebut memberikan gambaran mengenai kesederhanaan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bentuk nilai pendidikan karakter tokoh-tokoh dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode content analysis. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ibuk yang kemudian dinaskahkan. Tujuannya agar peneliti mendapatkan data tulis yang kemudian akan dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyeleksian data, menganalisis data yang telah diseleksi, dan membuat laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam novel Ibuk terdapat enam belas nilai pendidikan karakter yaitu; (a) menghargai prestasi, (b) bersahabat, (c) cinta damai, (d) gemar membaca, (e) peduli lingkungan, (f) peduli sosial, (g) tanggung jawab, (h) religius, (i) jujur, (j) toleransi, (k) disiplin, (l) kerja keras, (m) kreatif, (n) mandiri, (o) demokratis, dan (p) rasa ingin tahu.