PERBEDAAN EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO DAN TASK CARD TENTANG BASIC LIFE SUPPORT TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG BASIC LIFE SUPPORT (Studi di SMAN 2 Pamekasan)

Main Author: MUTEARA, ALFANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33216/1/jiptummpp-gdl-alfanimute-44288-1-pendahul-.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33216/2/jiptummpp-gdl-alfanimute-44288-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33216/
Daftar Isi:
  • Keyword : Media Video, Media Task Card, Pengetahuan Basic Life Support ABSTRAK Yoyok Bekti Prasetyo, Indah Dwi Pratiwi Latar Belakang : Basic Life Support (BLS) atau Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mempertahankan kehidupan seseorang yang sedang mengalami henti jantung. Pembelajaran BLS perlu diberikan kepada masyarakat awam, khususnya remaja. Media yang dapat digunakan untuk pembelajaran BLS, contohnya menggunakan media digital (video) dan non-digital (task card). Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan efektivitas media video dan task card tentang Basic Life Support (Bantuan Hidup Dasar) terhadap perubahan pengetahuan remaja tentang Basic Life Support di SMAN 2 Pamekasan. Metode : Rancangan ini menggunakan desain quasi-experimental. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Pamekasan. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling dengan total sampel 68 responden yang dibagi menjadi 3 kelompok (video = 23 sampel; task card = 23 sampel; kontrol = 22 sampel). Hasil : Hasil uji anova didapatkan ada perbedaan yang signifikan antara group video (mean = 83.25) dengan kedua kelompok lainnya (kelompok task card (mean = 74.57) dan kelompok kontrol (mean = 67.27)) (p < 0.1). Diskusi : Media video merupakan media yang paling efektif untuk meningkatkan pengetahuan Basic Life Support pada remaja dibandingkan dengan media task card dan buku pedoman.