HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SELF DIRECTED LEARNING (SDL) PADA MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang)
Main Author: | WIDIYAWATI, SRI WAHYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33207/1/jiptummpp-gdl-sriwahyuwi-44880-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33207/2/jiptummpp-gdl-sriwahyuwi-44880-8-babvii.pdf http://eprints.umm.ac.id/33207/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Metode Pembelajaran, Problem Based Learning, Self Directed Learning ABSTRAK Pembimbing : Edi Purwanto, Tutu April Ariani Latar Belakang :Mahasiswa Asian masih dipersepsikan sebagai mahasiswa pasif dan terbiasa dengan lingkunganteacher centered. Kemampuan untuk melibatkan self directed learning (SDL) dianggap sangat penting untuk mahasiswa keperawatan. Tujuan : Untuk mengevaluasi metode pembelajaran problem based learning (PBL) dengan cara mengetahui hubungan metode pembelajaran PBL dengan SDL pada mahasiswa. Metode :Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan maret 2016. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK)angkatan 2013-2015. Sampel dalam penelitian terdiri dari 203 dari 413 populasi. Metode pembelajaran PBL diukur menggunakan kuesioner dengan variasi jawaban skala Likert (1=Sangat Tidak Setuju - 4=Sangat Setuju, sementara untuk SDL menggunakan skala penilaian SDL yang terdiri dari 5 point jawaban skala Likert (1= Tidak Pernah - 5=Selalu. Uji statistik menggunakan Spearman Rank Test. Hasil : Berdasarkan uji statistik Spearman Rank Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi p = 0,000 (0,000 <0,05) dan nilai korelasi (r = 0.325 < 0.5) hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem based learning (PBL) memiliki hubungan yang positif denganself directed learning(SDL). Kesimpulan dan Diskusi : Metode pembelajaran problem based learning (PBL) memiliki hubungan dan efek yang positif terhadap self directed learning (SDL) mahasiswa. Untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran ini dibutuhkan support dari administrasi akademi.