PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TENTANG PERINEAL HYGIENE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA REMAJA PUTRI DI MTs BUSTANUL ULUM PAKISAJI KABUPATEN MALANG
Main Author: | WIJAYANTI, TANTY LEONA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33202/1/jiptummpp-gdl-tantyleona-43416-1-pendahul-..pdf http://eprints.umm.ac.id/33202/2/jiptummpp-gdl-tantyleona-43416-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33202/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Pengetahuan dan Sikap, Perineal Hygiene, Remaja Putri ABSTRAK Ririn Harini, Sunardi Latar Belakang: Remaja putri mengalami haid pertama kali adalah usia 11-12 tahun. Kesehatan reproduksi yang menjadi faktor utama dalam masalah kesehatan remaja putri. Menjaga kebersihan area genetalia setelah remaja mengalami menstruasi sangat penting, ketika tidak menjaga area genetalia dengan baik maka menyebabkan keputihan mungkin akan menyebabkan penyakit lebih serius, itulah mengapa Perineal Hygiene harus selalu diterapkan oleh remaja putri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi tentang Perineal hygiene terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di MTs Bustanul Ulum Pakisaji Kabupaten Malang. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen (one group pretest-posttest design). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 4 Januari sampai 28 Januari 2015 di MTs Bustanul Ulum Pakisaji Kabupaten Malang. Subjek penelitian adalah remaja putri usia 12-17 tahun. Populasi sebanyak 109 siswa diambil dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling. yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 86 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Paired T-test. Hasil: Menunjukkan bahwa variabel pengetahuan dari pretest yaitu 9,51, postest meningkat menjadi 10,95 dan sikap dari pretest 46,05, posttest meningkat menjadi 50,66. Hasil analisis Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Tentang Perineal hygiene Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri 0,00 (p<0,05) maka dengan demikian dapat diartikan bahwa H1 diterima. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara Metode Pembelajaran Demonstrasi Tentang Perineal hygiene Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri.