PERANAN GURU PKn DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN KETELADANAN GURU ( Studi di SMPN 3 Batu )
Main Author: | Fitriana, Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33101/1/jiptummpp-gdl-ayufitrian-44486-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33101/2/jiptummpp-gdl-ayufitrian-44486-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33101/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Modeling, Civics Teacher, Student Discipline, Keteladanan, Guru PKn, Kedisiplinan Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelanggaran disiplin yang dilakukan siswa semakin bertambah dari waktu kewaktu dapat berpengaruh negative terhadap kualitas pendidikan di sekolah. Maka dari itu sosok guru yang inspiratif sangat dibutuhkan dalam proses transfer ilmu pengetahuan dan pembinaan karakter disiplin siswa. Peneliti merumuskan tiga masalah sebagai berikut: Bagaimana bentuk-bentuk keteladanan guru PKn dalam membina kedisiplinan siswa SMPN 3 Batu ? Bagaimana peranan guru PKn dalam membina kedisiplinan siswa di SMPN 3 Batu ? Bagaimana implementasi keteladanan guru PKn dalam membina kedisiplinan siswa ? Pendekatan yang digunakan untuk mengungkap permasalahan mengenai Peranan Guru PKn Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Melalui Pendekatan Keteladanan Guru (Studi di SMPN 3 Batu) adalah dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian menunjukan: Bentuk-bentuk keteladanan guru PKn yang diprogramkan sekolah yaitu selalu taat dan konsisten melaksanakan program sekolah yang berkaitan dengan kehadiran di sekolah, seperti bertingkah laku dengan baik, berpakaian sesuai dengan peraturan yang ada dan berbicara dengan sopan. Peranan guru PKn dalam membina kedisiplinan siswa yaitu seorang guru harus membiasakan disiplin kepadasiswa yang diaplikasikan dalam berbagai bentuk yakni menasehati, keteladanan dalam berperilaku, memberikan hukuman jika bersalah, memberikan penghargaan (hadiah) jika berprestasi. Guru sudah mampu menjadi contoh bagi anak didiknya serta bagi siapa saja yang menganggap ia seorang guru. Rekomendasi dari hasil penelitan agar guru PKn selalu membangun sikap teladan dengan konsisten dan siswa selalu menerapkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari - hari.