ANALISIS PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 12 MALANG
Main Author: | SUPRIADIN, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33098/1/jiptummpp-gdl-supriadin2-44785-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33098/2/jiptummpp-gdl-supriadin2-44785-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/33098/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Role of Citizenship Education teacher, character of education, Peran guru Pendidikan kewarganegaraan, pendidikan karakter Pendidikan pada hakikatnya merupakan serangkaian kegiatan komunikasi antara manusia dengan si anak didik secara tatap muka atau dengan menggunakan mediadalam rangka memberikan dukungan terhadap perkembangan anak seutuhnya. Tidak dapat dipungkiri pendidikan memiliki peran strategis dan vital bagi kelangsungan suatu bangsa. Pendidikan yang kehilangan pijakan akan tergilas oleh perubahan yang sedang terjadi. Pendidikan harus mampu menciptakan dan menghadapi perubahan, baik itu pada perubahan yang menyangkut nilai-nilai sosial, pola-pola prilaku, organisasi, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat, maupun berkaitan dengan kekuasaan dan wewenang ( politik ). Pendidikan justru harus mampu menjadi agen perubahan, bukan menjadi korban perubahan. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Dimana peneliti terjun langsung untuk menggali informasi terkait dengan judul penelitian. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informa yang perlu digali informasinya adalah Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP Negeri 12 Malang dan sampel dari siswa SMP N 12 Malang sendiri. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data dengan tringulasi sumber, teknik dan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan yaitu: Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) dalam Pengembangan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 12 Malang memiliki perananan yang signifikan terhadap pembentukan karakter bagi siswa sebab materi yang termuat dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan ( PKn ) lebih banyak memuat pendindikan moral sehingga dengan materi yang termuat dalam pelajaran PKn menuntut guru Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) agar mentransformasikannya kepada siswa dengan baik. Pada hakikatnya pelaksanaan pengembangan pendidikan karakter tidak hanya ada dalam lingkup guru PKn saja melainkan semua guru sebagai pengajar dan pendidik memiliki peran yang sama dalam pembentukan karakter bagi siswanya. Agar pelaksanaan pengembangan pendidikan karakter itu berjalan efektif diharuskan pihak sekolah bekerja sama dengan keluarga, masyarakat, dan elemen sekolah yang lain demi suksesnya agenda besar dalam menanamkan karakter kuat kepada peserta didik sebagai calon pemimpin bangsa dimasa yang akan datang.